Sunday, November 21, 2010

Cerita Tiga Minggu di Padang


Cerita Tiga Minggu di Padang



Ini pertama kalinya saya mengunjungi Padang, Sumatera Barat, jadi harap dimaklumi klo saya cerita di sini n agak lebay2 di sini. Sebenernya gak lebay juga sih ya, tapi emang mengagumkan perjalanan 3 minggu saya di Padang, tepatnya Indarung.

Satu setengah bulan yang lalu, sahabat saya, Ms. Annie, menawarkan untuk ikut serta dalam audit interim kliennya di Padang. Ia menawarkan karena klien yang satu ini merubah Accounting Programnya, dari Oracle jadi SAP. SAP kini makin diminati oleh perusahaan2 yang ada di Indonesia, terlebih lagi oleh perusahaan2 yang memiliki banyak anak perusahaan. Nah, karena itu, sahabat saya ini menawarkan saya untuk ikut serta mengaudit klien ini yang pastinya membutuhkan banyak junior auditor. Saya pun meresponnya dengan positif, mengingat saya blum pernah sama skali menginjakkan bumi Padang walaupun Ibu saya berasal dari Padang. Yah maklum, keluarga2 saya yang dulunya di Padang, kini sudah banyak yang hijrah, ada yg ke Jakarta, Surabaya, Kalimantan, Jambi, dan Lampung. Jadi, gak ada deh cerita mudik ke Padang pas lebaran. Hahhaa.. Kebetulan sekali ada yang ngajak ke sana, akhirnya saya terima tawarannya dengan izin kepada manager saya terlebih dahulu.

Sebelum hari keberangkatan sudah terdengar kabar dari BMKG bahwa akan ada Gempa dengan skala yang mencapai 8,7 skala richter dan berpotensi Tsunami. MasyaAllah.. serem juga. Tapi inget juga waktu itu, umur hanya Allah SWT yang tahu, kita sebagai manusia gak akan tahu hari yang telah ditetapkan itu. Bisa saja, hari ini kita meninggal, bahkan bisa saja satu menit lagi kita meninggal. Who knows? Jadi, berserah diri saja. Toh, Dia yang melindungi kita. Akhirnya, saya memantapkan niat saya untuk ikutan audit di Padang. Well, enaknya jadi auditor begini nih,,haha,, suka audit di luar kota klo diajak. Cuma gak baik klo kelamaan jadi auditor..u know lhaa,,, smoga saya cepat dapet kerjaan lain yg lebih baik. Amiin…

18 Oktober 2010
Flight saya dan teman2 hari itu jam 6.30 a.m. Pagi beeneer emang! Hari senin pula,, hahhaa.. selamet,selamet,, saya pun bangun jam setengah empat untuk mandi, sholah shubuh, dan sarapan dikit. Dari malemnya, saya sudah mesen taxi. Taxinya yang minggu malem dipesen sama sodara saya juga sih buat balik ke rumahnya. Kebetulan ya, dua hari sebelum keberangkatan (Sabtu-Minggu), saya n kluarga pergi ke Bandung, bareng kluarga yg lainnya buat hadirin acara nikahan sepupu saya. Banyak keluarga papa yang dateng, kebetulan juga, papa asalnya dari Ciamis,pinggiran kota Bandung. Pesta pernikahannnya subhanallah..ckckck..makananya enak2..ahahhaa.. Cuma capek banget, besok paginya mesti flight ke Padang.. Ya sudahlaah, dijalanin aja, demi sesuap nasi n segenggam berlian untuk kluarga tersayang (Lebay mode: ON). Dari rumah, saya berangkat jam empat pagi buta, supir taxi udah stand by di depan rumah. Setelah cup2 sayang ke papa, mama, ratih, saya pun menggerek koper segede lemari ke bagasi taxi. Sedih banget ninggalin kluarga n si Clavi,, hikkss,norak banget dah.. Sumpah, banyak banget bawaan saya. Mikir juga, 3 minggu lama juga, takutnya laundry-nya dibatasin, makanya banyak bawa baju deh.. ehehe,,dasar wanita.

Sampe Bandara Soekarno-Hatta jam 6 kurang, Alhamdulillah gak kena macet. Ponsel saya berbunyi, ada pesan yang masuk, ternyata dari Annie. Annie minta saya menunggunya di depan pintu masuk terminal F karena bawaan koper WP (Working Paper) memang sangat berat, melebihi lemari2 kami, Haha… Tadinya sih, mau saya biarkan dia saja sendiri bawa tuh koper2 WP,,hahhaa (peace,nie!). Sesampainya Annie, saya langsung segera membantu bawaan beratnya itu. Annie gak sendiri, ia ditemani oleh ibunya. Ehm, tuh WP bener2 yah gak ketolongan beratnya minta ampun, sampe over dan mesti bayar lagi. Sediih… Seniornya Annie, mba Evelyn terlihat bersama sang suami tercinta. Sedangkan managernya Annie, mas Manu udah check in duluan. Setelah saya, annie, dan mba evelyn check in, emang yaah ada2 aja deh,, mba evelyn kelupaan KTPnya..hahaha,,ampun deh. Tapi Alhamdulillah emang ketinggalan di loket check in tadi. Weleeh weleeh :D

Perjalanan dari Bandara Soekarno-Hatta ke Padang berjalan dengan lancar, Alhamdulillah. Sekitar jam 8.10 a.m. kami sampai di bandara Minangkabau. Senaanggg rasanya!! bisa menginjakkan kaki di ranah Minang. Alhamdulillah. Saya memang pernah bercita2 ke Padang tanpa biaya. Dan Alhamdulillah terealisasi. Smua ini berkat sahabat saya juga, Annie Prianti. Thanks so much,hon.. Inget banget deh, waktu saya lagi sidang S1, dimana saya berhadapan dengan 3 orang dosen yang memiliki darah minang.. Udah gitu, pake iseng nanya ke saya pula, yaa saya jawab, Ibu saya dari padang. Ditanya pula,, bisa bahasa Padang? Saya jawab, gak bisa. Hahha.. dari situ, ketauan deh saya belum pernah ke padang. Mereka mengejek2 saya dan spontan pada saat itu saya menjawab, “nanti pak, kalau saya udah kerja, saya akan pergi ke sana!” Hhahaha.. Lucu juga ngingetnya. Ckckck..

Sesampainya di bandara Minangkabau, ada salah seorang klien yang menjemput kami, salah satu anggota SPI (Satuan Pengendalian Internal) dari klien ini, namanya pak Danil. Hmm,, klien yang satu ini merupakan perusahaan semen terbesar di Padang, milik BUMN 
Dengan kecepatan tinggi, kijang innova yang membawa kami langsung melesat mengantarkan kami menuju Pangeran Beach Hotel. Kata pak Danil, hotel ini cukup oke, karena setahun yang lalu ketika ada bencana gempa, hotel ini satu-satunya yang masih kokoh berdiri. Namun, tetep aja yee, yang namanya hotel deket pantai, jadi bikin deg-degan, secara ada isu tsunami. Sebenernya sih, awalnya saya oke2 aja dengan hotel yang berlokasi di pinggir pantai itu. Namun, setelah terpengaruh dengan ketakutan manager, senior, n sahabat saya, yaa udah, jd lumayan takut juga. Hehe..

Berkali-kali manager saya meminta agar kami dipindahkan ke wisma Indarung, wisma miliknya klien ini. Katanya sih, pewe banget tuh wisma, bersih, dan deket kantor. Namun, karena sedang banyak tamu, makanya kami gak bisa cepet pindah ke sana. Pak Danil janji, kalo tamu-tamunya udah cabut, kami insyaallah dipindahkan ke sana. Horeee..

Hari pertama di Padang, anyhow langsung kerja. Sediih.. Ya mo gimana lagi, emang dateng buat kerja, walaupun sediih. Hmm,hari pertama dateng ke kantornya, saya terkagum-kagum ketika masuk gerbang klien terbesar ini. Dari koperasi, ATM centre, sekolahan, pabrik, mess, wisma, kantor utama didirikan di satu kawasan. Kereen! Subhanallah :) Setelah masuk ke kantor pusat, kami dipersilahkan untuk masuk ke salah satu ruangan di divisi SPI, lantai 5, which is lantai teratas kantor pusat.

Karena saya anggota tim baru, saya-pun dikenalkan oleh klien-klien yang masuk ke ruangan kami, dari kepala divisi sampai karyawan-karyawannya. Setiap klien masuk, saya langsung dikenalkan, dan si mas manu n mba evelyn langsung bilang, “ini Lydia pak, yang ikut bantuin, orang Padang juga pak, tapi baru sekali ini ke Padang,, ckckc,, ahahhaa,”.. Saya pun tertawa rada kecut -_-

Hari-hari berikutnya, saya berkeliling dari warehouse, bagian pengadaan barang/jasa, sampai Accounting buat inquiry dengan klien. Capek bolak-balik tapi menyenangkan, jadi banyak teman di sana, dari yang tua sampai yang muda. Tujuan pertama ke warehouse, tentunya dianter sama klien, namanya pak Syahrial, beliau baik banget deh. Kalo ngeliat beliau, udah kayak almarhum uwan (om) saya, baiknya minta ampun, kayak sodara sendiri aja. Saat beliau tau kalo saya ada keturunan padang juga n baru kali ini ke padang, beliau langsung geleng-geleng kepala dan berseru, “yaa ampuuun!!” hhaha..trus bilang, klo nanti ada waktu luang, kita akan jalan-jalan, ke Painan,kota kelahiran mama saya. Saya seneng bgd dengernya :)

Sepulangnya dari kerja di hari pertama, kami diajak makan malem di deket pantai, lupa nama daerahnya,hhee, dan makan es krim durian di salah satu resto. Saya capek sangat, sampe hotel langsung mandi air hangat, Annie juga gitu, dia malahan berendem air hangat. Hahaaa.. bawaannya ngantuk abis itu. Saya sekamar dengan Annie, sedangkan mba Eveline, tidur sendiri dulu untuk dua malam ini, stelah itu, ada teman lagi yang datang dari Jakarta dan tidur sekamar dengannya. Sebelum tidur, saya sholat Isya dulu dan membaca ayat suci Al-quran. Ngobrol sebentar sama annie, dan setelah itu lelap tertidur.

Keesokan paginya, jam 5 saya bangun untuk sholat shubuh. Semalam itu, saya kurang nyenyak ternyata, gak tau kenapa, saya sempat dua kali terbangun di tengah malam. Jadi sholat tahajud dulu biar tenang. Heee.. Jam 7 teng, saya dan annie beranjak dari kamar menuju ruang makan untuk breakfast di lantai satu. Setelah itu, supir dari klien kami sudah stand by untuk mengantar kami ke kantor.

Hari-hari berjalan seperti itu. Pulang udah lembur, biasanya kami balik jam 10 dari kantor, lucunya sebelum pulang, mas manu pasti nanya, “eh, pada mau pulang jam berapa nih?,” dan saya, annie, n mba eveline pun bingung mau jawab gimana, secara si mas manu managernya, ya dia yg mutusin lhha yaa :D kita pasti pada diem seribu bahasa pas ditanyain, trus dia lanjut,”yee,pada gak mau pulang nih?”.. mulai deh, mba eveline ngelempar ke annie, hehehhe.. kocak abiss.. klo udah si mas manu n mba eveline bersekutu melawan annie, annie sulit untuk berkutik, hahhaa.. sahabat saya yang satu itu ternyata bisa mati gaya juga tooh.. hhahaha.. luccuuu deh.

Ohya, malam kedua di hotel, saya langsung buka dunia per-fesbukan dan blogwalking. Dan yang buat saya tercengan malam itu adalah status relationship annie yang berubah, dari single jadi in relationship. Well, jahat amat emang tuh orang, tidur udah sekamar, sama-sama takut pula di dalem pesawat pas berangkat, sama2 ngangkat koper, tapii gini nih,, klo masalah beginian, sahabat saya ini suka diem-diem n malu-maluin. Huuuuhh.. langsung spontan, saya teriaak, “aniiiiiiieeee, ceritaaa gaak!!” Dia pun tertawa terkekeh-kekeh. Tapi akhirnya dia cerita juga sih.. hahhaa.. mudah2an ini pilihan tepat dari Allah SWT dan kalian cepat nikah ya. Amiin  Mulai malam itu, annie slalu telpon2an dengan calonnya itu. Saya? Jadi gak bnyak ngobrol sm dia, mending fesbukan n blogwalking deh. Hehe..

Lima hari kami berada di Pangeran Beach Hotel. Alhamdulillah wisma Indarung sudah ada kamar kosong yang bisa kami tempati. Sesampainya di wisma, kami langsung makan siang di sana, makanan padang tentunya, dan yang bikin heran, makanan di wisma itu persiis masakan mama di rumah, Ya Allah, berkah banget, jadi gak kangen masakannya mama.. Alhamdulillah..
Keesokan malamnya, kami masih berada di kantor sekitar jam 21.30, :( Salah satu teman dari Jakarta pun, sudah dateng, namanya Vioni. Mata saya udah 5 watt rasanya, ngantuk banget. Sekitar setengah jam lagi, waktunya kembali ke wisma, saya pun bertahan tentunya dengan memasang musik sekencang2nya dengan menggunakan ear phone. Sewaktu lagi ngantuk-ngantuknya, tiba-tiba manager saya berseru sambil senyum-senyum, “Yeeh, siapa nih yang goyang-goyangin meja?,”

,,Haah, gak ada, gak ada!,” jawab kami. Kemudian mata kami langsung tertuju pada gallon aqua di pojok ruangan. Airnya goyaang! Kami langsung berseru, “Gempaa,, gempa! Ayo turun!”

,,Ya Allah,, gempa! MasyaAllah! Ya Allah,” saya pun panik. Kami mengambil dompet dan ponsel, kemudian segera lari sambil menutup kepala kami dengan tangan ke lantai bawah via tangga darurat. Saya tidak henti2nya mengucapkan asma-Nya. Ya Allah, saya benar-benar takut dan gemetaran saat itu. Kami turun ke lantai tiga, karena mobil jemputan ada di lantai tiga.

Karyawan SPI juga lari ke bawah. Sepanjang perjalanan ke lantai 3, saya sudah membayangkan hal yang tidak-tidak. Saya membayangkan saat itu aka nada bencana tsunami sampai ke kota padang, termasuk Indarung ini. Namun, setelah sampai di bawah, gempa sudah berhenti. Alhamdulillah..dan kami memutuskan untuk kembali ke wisma. Sebelumnya, kami mengambil tas dan laptop di lantai lima dengan tergesa-gesa.

Sesampainya di wisma, saya gak bisa tidur. Saya dan annie menyiapkan satu cangkir gelas bening berisi air dan meletakkannya di meja. Air itu sebagai tolak ukur kami untuk was-was jikalau memang nantinya ada gempa susulan. Ya Allah, hamba berlindung pada-MU, bisik saya dalam hati. Segera kluarga di rumah telpon dan menanyakan kabar saya, saya memohon doa keluarga agar tidak terjadi hal-hal yang mengkhawatirkan lagi. Pak Syahrial juga menanyakan kabar saya dan teman2 via sms. Setelah melihat berita di metro tv, ternyata itu gempa mentawai. Lokasi yang terkena dampak yang parah adalah pulau Mentawai. Banyak korban di sana, ada yang meninggal, luka-luka, dan hilang.

Jam sudah menunjukkan pulul 12 malam, akhirnya saya menyerah dan segera tidur. Annie masih telpon-telponan sm calonnya. Saya tidur dengan menggunakan jilbab dan saya tarik selimut sampai menutupi kepala saya. Pintu kamar sengaja tidak dikunci untuk jaga-jaga juka terjadi gempa, langsung keluar atau langsung dibangunkan oleh orang-orang. Insyaallah wisma dalam kondisi yang aman.

Keesokan paginya, saya mendengar cerita dari vioni, mas manu, n mba eveline kalo ternyata ada gempa susulan jam 3 pagi, namun sebentar. Masyaallah, saya dan annie gak kerasa sama skali.. Haha.. tidur pules banget, bahaya jugaa! Sesampai di kantor, karyawan2 SPI menggelar doa bersama setiap pagi, subhanallah,, Ini yang membuat saya terkagum-kagum juga dengan klien ini, tiap hari ada doa bersamanya :)

Hari-hari berlalu dan gempa selalu datang singgah beberapa detik.Kami pun sudah mulai terbiasa dengan kehadirannya. Saya terus meningkatkan doa kepada Allah SWT, memohon perlindungan-Nya. Sekitar dua minggu, gempa terus berlangsung. Berita korban meninggal di pulau Mentawai juga semakin bertambah. Yang bikin sedih lagi, ada bencana alam letusan gunung Merapi juga di Sleman, Yogyakarta. Banyak korban yang meninggal, relawan dan bantuan juga terus berdatangan.

Ohya, pak Presiden dateng juga ke Mentawai dan menginap di wisma Indarung. Dampaknya, kami disuruh ngungsi dulu sekitar 1 minggu ke wisma lain di deket kantor. Alhamdulillah, dapet juga wisma di Indarung. Manager saya anti banget tinggal wisma di Padang. Meskipun namanya rada-rada aneh dan lokasinya terpencil di depan sawah kering.. namanya wisma Ayank. Bayangkaaaaaaann… :D

Malam pertama di wisma ayank, saya dan annie dikejutkan dengan suara teriakan samar-samar. Kami berdua bener-bener denger, entah suara apa itu. Ditambah lagi ada tayangan sin eng kunti di tv yang bikin saya teriak histeris dan orang-orang satu wisma pada bangun. Hahaha..maapp maapp..

Sewaktu presiden masih ada di sekitar indarung, dia sempat mampir ke klien saya ini untuk rapat internal. PAstinya ngomongin bantuan ke Mentawai. So, saya dan karyawan2 di sana sempat ngeliat dia live.. hahaa,,seneng juga.
Minggu terakhir di Indarung, diisi dengan kerjaan yang makin hectic, masyaAllah. Senior Manager annie juga dah dateng,, hehehe.. untungnya orangnya baik, Alhamdulillah lancar. Ohya, untuk pertama kalinya, saya makan daging kambing di Padang. Haha.. Sejujurnya, saya gak pernah mau klo ditawarin daging kambing, tapi untuk kali ini karena SMnya annie yang ngajak makan kambing, ya udah saya coba makan dan ternyata dugaan saya tepat, badan langsung panas2. Ya ampun.. :(

Esokan harinya, kami sempet beli oleh-oleh, kripik sanjay is a must, hehe.. bisa ditimpukin batu kapur klo gak bawa oleh-oleh. :D Hari jumat sore kami pulang dengan flight jam 18.30 dari bandara Minangkabau, dan Alhamdulillah sampai dengan selamat di kota Jakarta tercintaah.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © Catatan Pianissimo. All rights reserved.
Blogger template created by Templates Block| Blogger Templates
Start My Salary | Designed by Santhosh