Saturday, February 13, 2010

Menikah Tahun Ini















And among His Signs is this, that He created for you mates from among yourselves, that ye may dwell in tranquillity with them, and He has put love and mercy between your (hearts): verily in that are Signs for those who reflect.

(Ar-Ruum 21)

 

 

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir” (Ar-Ruum 21)

 

“Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah” (Adz Dzariyaat 49)

 

Sudah sepatutnya kita sebagai kaum muslimin untuk melaksanakan sunah Baginda Rasulullah SAW, yakni menikah. Rasulullah SAW bersabda, “Nikah itu sunnahku, barangsiapa yang tidak suka, bukan golonganku” (HR. Ibnu Majah, dari Aisyah r.a.). Hmmm… Gak mau termasuk golongan yang tidak disukai kekasih kita kan? ^^

Posting kali ini sengaja mengangkat tema pernikahan karena ada beberapa teman dekat saya yang bermaksud untuk menyempurnakan setengah Dien mereka. Senangnyaaa…

Menikah merupakan jalan untuk menjaga kita dari hal-hal yang mengotori hati dan pikiran, bukan dari kita saja, namun juga orang-orang di sekitar kita, InsyaAllah dengan menikah, kita terhindar dari hal-hal yang dibenci Allah SWT yaitu hal-hal yang mendekati zina dan terhindar dari fitnah.

 

“Janganlah kalian mendekati zina, karena zina itu perbuatan keji dan suatu jalan yang buruk” (Al-Isra 32)

 

Ahad lalu saya dikunjungi oleh salah satu sahabat karib saya, Ria (nama samaran). Kunjungannya ke rumah sengaja untuk belajar Akuntansi bareng karena kebetulan dia baru mengambil kuliah jurusan Manajemen Administrasi dimana mata kuliah Akuntansi merupakan mata pelajaran wajib di semester 1. Memang sudah lama kami tidak bertemu, kesibukan memisahkan kami. Dia terlihat semakin ceria dan cantik. Kami menghabiskan waktu bersama di hari itu, mulai dari belajar, makan, ngemil, ngobrol, nonton serial drama Korea Boys Before Flower (hihihiihi) dan film korea Speedy Scandals (kocak abiiizzz, ada Huang Gi Dong ^^). Waktunya makan siang, saya menawarkannya makan, sayangnya hari itu saya sedang tidak masak, jadi tetep makan masakan nyokap deh ^^. Saat mengambil piring dan menyendok nasi dan lauk, muncul percakapan di antara kami :

 

Ria : “,,Lyd, Hmmm,,, “

Lydia : “,, Apaan Ri?”

Ria : “,, Gak jadi ahhh..”

Lydia : “Yee,, niy orang,, pamali tau gak jadi cerita..”

Ria : “Duh,,, gw gak enak ngomongnya sama lo!”

Lydia : “Ya Allah Ri,, jangan buat gw menduga-duga deh,,”

Ria : “Eheheheee… tapi lo jangan bilang-bilang dulu yah”

Lydia : “Iya iyaa… apaaaannn siihhh ???”

Ria : “InsyaAllah gw akan nikah tahun ini, Lyd”

Lydia : “Haaaaaahhhh??!!”

Ria tersenyum…

Lydia : “Seriusss???”

Ria : “Iya..”

Lydia : “Wuaaaahhhh,,, Alhamdulillah, Ya Allah,, seneng banget Ri,,, Gimana ceritanya, Ri?“

Ria : “ Iya, keluarga bang Syarif (nama samaran) udah ngomong ke keluarga gw”

Lydia : “Alhamdulillah akhirnyaaa.. hehehehe… terus kapan? Kapan??”

Ria : “ ,,belum tau,Lyd. Tapi InsyaAllah dalam waktu dekat. Lagi dibahas kedua keluarga,,”

Lydia : “,,Gw doain semuanya lancar,Ri,,Amiin”

Ria : “,,Amiiin”

 

Dan ada satu hal yang bikin saya ngakak…

 

Ria : “,,Tapi gw gak mau menor-menor dandannya,Lyd. Gileee… Ogah gw!!”

Lydia : “wuahahahahhaaaa,,,”

Ria : “Lo punya kenalan tukang rias pengantin gak, Lyd?’

Lydia : “Hahahaahahaa… mmm,,gak ada,Ri. Paling ada tukang rias pas sepupu gw merit. Pangling ngeliatnya,,”

Ria : “Pasti mahal yah,Lyd?”

Lydia : ‘Belum tau, Ri. Nanti gw tanya ke sepupu gw deh,,”

Ria : “Boleh Lyd, tolong tanyain yah”

Lydia : “Oke okee,, hahahahaa,, Ria , Ria, Lo mo merit pikirannya dandan mulu.,,hahaha”

Ria :”hehe,, gw kan gak mau menor, Lyd.,,,Gak mo kayak badut Ancol aahhh.. Hihihiii”

Lydia : “,,Gak laah,, makanya kita harus pinter cari tukang make up-nya”

Ria : “Iya Lyd”

Lydia : “Gw doain, Ri”

 

Sahabat karib, tak lama lagi dirimu akan memulai kehidupan baru bersama seseorang yang kau sayangi. Tak terasa sudah 10 tahun kita menjalin persahabatan ini. Ingat saat dahulu kita sering main semprotan air di saat SMP, ingat di saat dirimu menangis saat cinta monyetmu menyukai gadis lain, ingat saat kau memberikan hadiah manis berupa frame kreasimu, ingat saat kita merencanakan ide gemilang untuk bisnis daur ulang, ingatsaat kita menyanyi lagu “Michael Learns To Rock” (MLTR), ingat saat kita menginap bersama, menceritakan kisah-kisah remaja kita, ingat saat dimana kita bersenda gurau dengan ledekan kodok dan kecoa, dan ingat saat kau mengucapkan niat sucimu nan indah itu. Kini, saya mulai sadar, kau bukan gadis kecil lagi yang dahulu sering merengek dan menangis di hadapanku. Kini, masa remaja itu telah menjadi catatan abadi untuk kita kenang. Suatu penghormatan bagi saya untuk menjadi sahabat yang kau kabari niat suci itu ^^

 

Satu lagi catatan penting untuk diingat, Senin kemarin, saya berencana untuk kos di daerah Pulo Gadung. Hal ini dikarenakan lokasi klien saya yang sangatlah jauh dari rumah. Karena bulan ini audit rush, makanya saya berfikir  untuk kos dan Alhamdulillah bisa sharing kamar kos. Heheheee..

 

Sebut saja, Ratna, dia teman yang sangat baik,. Perhatian, doyan cerita, yang pasti seru banget klo ada dia. Sudah 7 bulan kami berteman, sejak saya audit awal di Pulo Gadung, sekitar bulan Agustus 2009.Saat ini dia bekerja di salah satu staasiun televise swasta di Jakarta. Pulangnya hampir sama dengan saya, kebanyakan lembur. Apalagi saat audit rush saya bisa sampai rumah jam 23.30. Namun dia bukan berprofesi sebagai auditor, dia menduduki posisi legal staff (Perizinan Penyiaran) di kantornya. Kami berharap untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari ini dan meneruskan cita-cita yang mulia. InsyaAllah,, Amiin..

 

 

Jam menunjukkan pukul 23.30, saya pulang dari klien bersama teman-teman audit. Saya sudah memesan ojek dari pagi dan minta dijemput jam 23.30. Pak Kusno namanya. Alhamdulillah Pak Kusno orang yang baik, beliau datang tepat waktu. Sesampainya di kos, pintu depan sudah digembok. Waahh,,bisa dikirain maling nih..heheheee…Saya sms Ratna untuk minta dibukakan pintu., namun tidak ada balasan. Hmmm..pasti Ratna tidur.. Akhirnya, saya ketuk pintu depan lantai 2 dan mengucapkan salam. Alhamdulillah ada yang terjaga. Retno, teman kos saya. Kangen bangat sama dia. Akhirnya kami bertemu lagi. Retno gadis yang kretif, saat ini ia menjual kerajinannya dari kerang laut yang indah. Aku yakin, suatu saat nanti usahanya akan berkembang pesat, InsyaAllah. Saya bergegas menuju kamar Ratna dan ternyata tepat dugaan saya, ia udah terlelap sangat nyenyak dengan senyum yang menghiasi bibirnya. Ratna, maafkan Sari yah udah bikin lama menunggu… Saya lihat kamar barunya, seperti yang dulu, rapi dan banyak barang yang mengisi kamarnya, terutama barang-barang Doraemon. Satu yang baru menghiasi dinding kamarnya, yaitu fotonya bersama keluarga dan calonnya. Hihii.. Ratna,,Ratna,, kapan Ratna teh nyusul Gina? Gina, teman kos saya yang satu ini telah menyempurnakan separuh diennya pada bulan Oktober. Alhamdulillah.

 

Keesokan paginya, ketika kami bermalas-malasan bangun dari tidur,

 

Ratna : “Sariiiiii…” (sambil menggeliat)

Lydia : “Ratnaaaaaa….!!”

Ratna : “maaf yah kemarin ketiduran. Mo nunggu kamu, eh malah ketiduran”

Lydia : “Gak papa koq,Na. Malah Sari yang gak enak, ganggu Ratna mulu, hehehee”

Ratna : “Ihhhh si Sari,,,kayak orang lain aja. Santai aja laah.. hehehe”

Lydia : “Iya Na, terima kasih yah”

Ratna : “Sar, ada roti nih, sok atuh dimakan bareng-bareng”

Lydia : ‘Iya Na, makasih banyak yah”

Ratna : “Iya Sar, sama-sama”

 

Sambil makan roti coklat,

Ratna : “Sar…”

Lydia : “iya Na,,,”

Ratna : “Na’ insyaAllah akan nikah bulan April”

Lydia : “Haaaaahhh??!!”

Ratna : “Ehehehehehee…”

Lydia : “Serius na??”

Ratna : “Iya,,doain yah Sar”

 

Itulah percakapan singkat namun mengejutkan antara saya dan dia. Teringat dahulu, ketika kami membicarakan masalah kehidupan termasuk pernikahan. Dia salah satu temanku yang memiliki hubungan khusus dengan seorang adam sekitar 2 tahun dan akhirnya mereka memutuskan untuk menjalin hubungan yang diridhoi oleh-Nya. Alhamdulillah. Kini InsyaAllah niat suci mereka akan terlaksana dalam waktu dekat. Teringat akan cita-cita kami saat itu :

 

Ratna : “Males banget deh Sar,, Na’ berantem mulu sama cowok Na”

Lydia : “Hahahaa,, makanya buruan nikah,na”

Ratna : “ Iya nih Sar, nunggu dia kelar kuliah dulu, sebentar lagi siding. Aku sih dah ngomongin sama dia, sar, Cuma dia bilang tunggu dapet kerja dulu’

Lydia : “Ciyeee,,, semoga yah Na”

Ratna : “Iya nih Sar,, Na pengen cepet-cepet momong bayi.. hihihihiii”

Lydia : “hahahaaha.. dasar ! Iya ya Na,, sari juga.. hihihiii”

Ratna : “Kalau begitu,, ayooo kita nikah muda!! Huahahaha”

Lydia : “Ayoo,,hehehee,, tapi kapan yah?”

Ratna : “kalau kamu mah nunggu calonnya dulu,Sar”

Lydia : “Doakan Na,. semoga dapet calon pilihan Allah SWT yang baik,, se-ce-pat-nya. Heheehee”

Ratna : “Amiiinn.. sekali lagi, Ayoo kita nikah muda!!”

Lydia : “Ayoo, hihiiihiii”

 

Kami begitu bersemangat mendeklarasikan kata-kata itu. hahaaha. Aya-aya wae.. Kini, Ratna akan segera menikah. Cita-citanya untuk nikah muda insyaAllah akan terwujud beberapa bulan lagi. Semoga Allah SWT melancarkan segala urusan persiapan pernikahanmu,Na. Jadikan semua masalah menjadi pemacu dirimu untuk menjadi pribadi tangguh dan sabar di mata Allah SWT. Btw, saya sedang melihat wajah imutnya saat tidur nih, kayak bayi (hihihii).

 

Posting saya kali ini memang sengaja membahas cerita sahabat-sahabat saya yang akan menyempurnakan separuh Diennya. Tepatnya, karena kabar mereka hampir bersamaan dan membuat saya terkejut. Hehehee…

 

Semoga Allah SWT memberikan keberkahan untuk pernikahan kalian, kawan. Amiiin ^^

 

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © Catatan Pianissimo. All rights reserved.
Blogger template created by Templates Block| Blogger Templates
Start My Salary | Designed by Santhosh